Senin, 23 Januari 2017

Peralatan Surfing




Nah, Sebelum kita lanjut, kita akan membahas tentang pakaian dan perlengkapan pada saat surfing, apa sajakah itu? yuk simak 
dengan jelas.


1. Rash Guard


jika kamu berencana untuk surfing ada baiknya kamu memakai kaos, ada kaos khusus yang di produksi oleh perusahaan, namun pastikan saja untuk membeli dari perusahaan lokal, karena harga yang di tawarkan jauh lebih murah. Datang ke toko surfing dan mereka akan menjelaskan kegunaan kaos surfing, tentunya salah satu yang paling penting melindungi kulit dari terpaan sinar matahari langsung.



2. Leash 



sebuah tali yang menempel di kaki, di situlah sebenarnya kita mempertaruhkan hidup kita, jangan sekali kali bermain-main dengan tali ini apa lagi jika bermain di ombak besar, tali ini melindungi kita agar tidak terpisah terlalu jauh saat kontak dengan ombak ato gagal “take off”. Tali ini umumnya memiliki panjang yang sama  dengan panjang papan yang kamu pakai, untuk shortboard jangan memakai tali yang terlalu panjang karena ketika kamu jatuh itu akan membuat jarak kamu dengan shortboard menjadi jauh, dan akan sangat mengganggu sekali jika sedang mengendarai ombak. Untuk longboard jangan memakai tali pendek, pada saat tertentu kamu ingin melaju lebih cepat dan kamu harus melangkah pada hidung longboard, dan kamu harus memakai leash panjang untuk ini. Untuk shortboard bisa memakai leash ukuran 5” atau 6”. Longboard biasa memakai ukuran 8” atau 9” ke atas, dan kamu bisa bergaya di atasnya. Sodaraku,  Jangan memakai leash bekas putus di ombak besar. 




3. Wax 


Sebuah bagian integral dari peralatan jika kamu berencana tinggal di suatu tempat untuk waktu yang lama. kamu bisa membeli di toko surfing banyak bentuk , warna dan flavours tergantung pada suhu air surfing yang kamu mainkan. Jika kamu sedang berselancar di Indonesia pilihlah wax dengan tulisan 27 derajat, itu yang normal di pakai untuk iklim tropis. Kamu bisa mengoleskannya di dek papan selancar, untuk menambah daya lekat seperti kaki lebih lengket ke papan selancar, menghindari licin.



4. Board 


Ada 3 jenis utama dari papan untuk memilih dari ketika berselancar. Hanya 2 dari ini benar-benar cocok untuk pemula. Busa, papan yang umumnya biru dan kuning adalah papan selancar paling umum untuk memulai dan bisa disewa di sebagian besar pantai surfing. Meskipun papan yang paling umum, papan ini juga butuh penyesuaian untuk meningkatkan kemampuan karena desain yang sangat dasar. Namun papan ini akan menjadi alat surfing yang sempurna untuk tahap berdiri dan proses belajar tapi saya sarankan hanya untuk menyewa papan ini. Kamu tidak membutuhkan papan ini jika kemampuanmu sudah meningkat.



5. Wax comb 


sisir yang dipakai untuk meratakan dan membuat wax lama terangkat dan lebih kasar dipermukaanya. Sangat berguna jika kamu dalam perjalan selancar dan lupa membawa wax. Alat ini juga bisa di pakai untuk membersihkan wax lama sebelum dipasang dengan wax baru.



6. Boardshort 


celana pendek yang yang biasa dipakai para peselancar, modelnya trendi dan mudah kering, bahkan bahan yang belakangan dipakai adalah bahan sejenis karet dan fleksibel. Jika kamu di Indonesia kebanyakan memakai modelstreet karena lebih enak dipakai dan mudah bergerak, kesannya klasik.



7. Fins (sirip) 


kaki selancar yang berguna untuk mengatur laju dan arah papan selancar, banyak jenis fins yang bisa dipergunakan, tergantung karakter ombak dan kekuatan ombak, para peselancar professional memiliki karakter sendiri dan sering berekpserimen setiap sesi latihan untuk mendapatkan hasil dan kenyamanan berselancar.



8. Kunci fins (sirip) 


kunci yang biasa dipergunakan untuk membuka fin, bia
sanya fin dibuka jika melakukan perjalanan jauh, karena memakan tempat dan dikhawatirkan patah jika masuk ke dalam kargo. Ini bisa didapat dari serangkaian Ellen key.

Sebuah papan untuk ketinggian pemula rata-rata akan berada di antara 8ft dan 9 ft. Ukuran ini akan memiliki banyak volume untuk memungkinkan kamu untuk menangkap gelombang dengan mudah dan karena itu luangkan waktumu untuk hal kecil ini. Sebuah papan yang lebih kecil dengan volume lebih kecil akan lebih sulit untuk mendayung dan karena gelombang kurang akan tertangkap, kamu akan merasa sedikit frustrasi dan mungkin akan membuatmu agak temperamental pada hari pertama. Ingat, Luangkan waktu kita dalam memilih papan selancar yang benar dan mendapatkan saran sebanyak mungkin.







Sekian postingan ini, Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Baca juga artikel tentang :

0 komentar:

Posting Komentar